Monday, October 27, 2008

Pengertian Hakikat

Hakikat di sini adalah sesuatu yang benar, suci serta merupakan akhir perjalanan.

Ainul yakin merupakan kebalikan dari keadaan ragu-ragu, ia merupakan perjalanan hakiki seperti firman Allah SWT: "Dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ainul yakin."

Ertinya engkau akan melihat hakikat itu sebagai buah dari ilmu yakin. Sebenarnya ainul yakin merupakan kesaksian terhadap makna-makna Illahiyah yang terungkap dari al kasyf dan alam tajaliyat. Berkenaan yakin, Rasulullah bersabda maksudnya: "Pelajarilah al-yakin sebagaimana engkau mempelajari al-Quran hingga kamu mengerti tentangnya, sesungguhnya aku juga memperlajarinya."

Untuk mencapai tujuan ilmu yakin ini, harus diikuti beberapa perbuatan yang menjadi kewajiban. Ketahuilah, "sebab" menjadi alat untuk sampai kepada ilmu yakin.

Ilmu yakin adalah bagi para pemikir yang diisyaratkan dengan adanya bukti-bukti yang jelas. Sementara ilmu sufi merupakan ilmu ahwal, di mana ia diperolehi dengan memperbaiki amal perbuatan lahiriyah dan harus menempuh beberapa persyaratan, antara lain harus memperdalam ilmu-ilmu lahiriah, seperti ilmu syariat, ilmu usul fiqah dan segala cabang ilmu yang lain.

Seseorang tidak akan mencapai ilmu yakin, kecuali setelah memahami tiga masalah iaitu fiil, isim dan zat.

Di samping itu dua hal lain harus dimiliki oleh seseorang untuk mencapai ilmu yakin, iaitu unsur cahaya hati dan unsur fuad (kecerdasan). Dengan cahaya hati ini, roh manusia akan dapat menuntun pemikiran, ilmu dan kesedarannya sehingga mereka (mempunyai ilmu yakin) benar-benar dapat merasakan kekuatan ilmunya itu.

Al Fuad adalah tempat roh dalam hati, ia disebut dengan zatnya zat atau ainul yakin. Sementara itu ilmu yakin merupakan kesesuaian antara keyakinan dengan kenyataan berdasarkan dalil dan bukti rasional. Ilmu yakin disebut juga makrifat hakikiyah, atau makrifat akliyah manthiqiyah. Ia boleh dibuktikan menerusi ayat- ayat al-Quran seperti firman Allah bermaksud: "Janganlah kamu begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin."

No comments:

Post a Comment